Open Source 2

Pengertian Linux


Linux adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. Linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC. Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.



Sejarah Linux


Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari Minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. 

Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler).


Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya Windows 9.x/NT/2000/ME).

Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat.



Kelebihan dan Kekurangan Linux

Kelebihan
Bersifat open source, bebas dan terbuka. sehingga tidak perlu biaya untuk mendapatkannya. LISENSI FREE dan boleh di utak atik semaunya.

Linux sekarang sudah mudah di operasikan. kalo dulu pengguna linux identik dengan para hacker, tapi sekarang orang awam pun sudah banyak yang menggunakannya.

Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows, sudah ada aplikasi linuxnya yang dikembangkan oleh komunitas linux atau bisa juga menggunakan software emulator.

Memiliki pengamanan yang lebih unggul karena di desain multiuser sehingga apabila virus menyerang user tertentu, akan sangat sulit menyebar ke user lainnya.

Cocok untuk PC yang memiliki spesifikasi minimum karena linux membutuhkan resource yang lebih kecil dibandingkan Windows.
Linux dapat berjalan di dua mode.

Jarang crash atau nge-hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer karena linux lebih stabil.

Memiliki komunitas di berbagai penjuru dunia.

Terdapat beragam pilihan seperti Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan sebagainya.
Kekurangan
Banyak user yang belum terbiasa menggunakan linux.

Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada linux.

Proses instalasinya tidak semudah windows.

Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows.

Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like, maka mau gak mau harus belajar dulu.

Struktur direktori dan hak akses yang membingungkan bagi user yang terbiasa menggunakan windows.



 Contoh Distro Linux Lengkap dengan tampilannya

1. Debian

macam macam distro linux
Debian  pertama  kali  diperkenalkan  oleh Ian  Murdoch,  seorang  mahasiswa  dari  Universitas  Purdue,  Amerika  Serikat,  pada tanggal  16  Agustus  1993,  Nama  Debian  berasal  dari  kombinasi  nama  mantankekasihnya  [DEB]ra  dan  namanya  sendiri [IAN]  Murdoch.  Ian  Murdock  (lahir  28 April  1973,  di  Konstanz,  Jerman)  adalah  pendiri  Debian  GNU  /  Linux  distribusi  dan Progeni  Linux  Systems,  sebuah perusahaan  yang  menyediakan  jasa berdasarkan  distribusi  komersial  dari sistem  operasi  yang  dibangun  di  atas kernel  Linux  dan  didistribusikan  di  bawah sebuah  perangkat  lunak  bebas  seperti lisensi GNU General Public License (GPL).


2. caldera Open Linux

macam macam distro linux

Caldera  OpenLinux  adalah  distribusi  Linux  mati  yang diciptakan  oleh  perusahaan  bekas  Caldera  Systems (sekarang  SCO  Group).  Itu  adalah  awal  "bisnis  distribusi berorientasi"  dan  meramalkan  arah  perkembangan  yang datang  untuk  kebanyakan  distribusi  lain  dan  komunitas Linux umumnya.Grup  SCO,  Inc  adalah  sebuah  perusahaan  perangkat lunak  sebelumnya  disebut  Caldera  Systems  dan  Kaldera Internasional.  Setelah  mendapatkan  Santa  Cruz Operation's  Server  Software  dan  divisi  Layanan,  serta teknologi  UnixWare  dan  OpenServer,  perusahaan mengubah  fokusnya  untuk  UNIX.  Kemudian,  Caldera berganti nama menjadi SCO dan kemudian ke Grup SCO untuk  mencerminkan  perubahan  fokus. Perusahaan  ini  bagian  dari  Grup  Canopy,  tetapi  menjadi independen  di  bulan  Maret  2005,  setelah  penyelesaian gugatan  antara  keluarga  Noorda  dan  ketua  kelompok, Ralph  Yarro,  juga  mantan  CEO  Grup  Canopy.  Sebagai bagian  dari  penyelesaian,  Canopy  mengalihkan  seluruh sahamnya kepada Yarro.

3. Ubuntu

macam macam distro linux

Ubuntu  adalah  satu-satunya  distribusi  yang  paling  populer  di  Indonesia.  Ubuntu merupakan pilihan yang sangat tepat bagi anda yang menginginkan product Linux yang mudah digunakan. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas. Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu. Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan  gagasan  yang terdapat di dalam  filosofi Ubuntu: bahwa perangkat  lunak  harus  tersedia  dengan  bebas  biaya,  bahwa  aplikasi  perangkat  lunak tersebut  harus  dapat  digunakan  dalam  bahasa  lokal  masing-masing  dan  untuk orangorang  yang  mempunyai  keterbatasan  fisik,  dan  bahwa  pengguna  harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Berikut ini adalah komitmen publik tim Ubuntu untuk para penggunanya:
1.  Ubuntu  akan  selalu  bebas  dari  biaya,  maka  dari  itu  tidak  akan  ada  biaya tambahan untuk “edisi enterprise”.
2.  Rilis  Ubuntu  terbaru  tersedia  setiap  enam  bulan.  Setiap  rilis  akan  didukung oleh  Ubuntu  dengan  perbaikan  pada  keamanan  dan  perbaikan  lainnya  secara bebas selama sekurangnya 18 bulan.
3.  Ubuntu akan menyertakan terjemahan dan prasarana aksesibilitas terbaik yang dimiliki  oleh  komunitas  Perangkat  Lunak  Bebas,  hal  ini  berguna  untuk membuat Ubuntu dapat dipergunakan oleh banyak orang.
4.  Ubuntu  berkomitmen  secara  penuh  terhadap  prinsip-prinsip  dari pengembangan perangkat lunak bebas.
Ubuntu  cocok  digunakan  baik  untuk  desktop  maupun  server.  Ubuntu  saat  ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86), PC 64-bita (AMD64), PowerPC (Apple iBook  dan Powerbook, G4 dan G5), Sun UltraSPARC dan T1  (Sun Fire T1000 dan T2000).

4. Mandrake

macam macam distro linux

Mandrake  merupakan  varian  distro  RedHat  yang  dioptimasi  untuk  pentium.  Kalau komputer  kita  menggunakan  pentium  ke  atas,  umumnya  Linux  bisa  jalan  lebih  cepat dengan Mandrake.

5. WinLinux

macam macam distro linux

WinLinux  adalah  distro  yang  dirancang  untuk  diinstall  di  atas  partisi  DOS (WIndows).Jadi  untuk  menjalankannya  bisa  di-klik  dari  Windows.  WinLinux  dibuat seakan-akan  merupakan  suatu  program  aplikasi  under  Windows.  Dan  masih banyak distro-distro lainnya yang telah tersedia maupun yang akan muncul.

6. Redhat

macam macam distro linux

Red Hat  adalah contoh sukses sebuah perusahaan komersial yang berbasis pada FOSS. Untuk  pengembangan  dan  kontribusi  kepada  komunitas  Red  Hatmen  delegasikannya kepada  Fedora  Project.  Redhat  diakui  sebagai  server  tercepat  dibandingkan  dengan linux  server  lainnya.  Selain  sebagai  server  tercepat,  Redhat  juga  dapat  digunakan sebagai client maupun sebagai PC desktop/PC standolone. Saat ini redhat sudah beredar dengan versi 9.0 yang dapat menggunakan desktop Genome dan juga KDE.

7. Fedora

macam macam distro linux

Fedora  Project  adalah  sebuah  komunitas  yang  sengaja  dibentuk  oleh  Red  Hat  untuk memisahkan antara bisnisnya dan kontribusi dalam pengembangan Linux.  Versi terbaru Fedora dirilis dua kali setahun. Fedora merupakan kombinasi terbaik dari software yang terpercaya dan paling baru yang pernah ada dalam dunia software bebas.

8. Slackware

macam macam distro linux

Slackware  bisa  dikatakan  sebagai  distribusi  Linux  yang  paling  tua.  Jika  anda menginginkan  sebuah  disttribusi  yang  sedikit  susah tetapi  memberikan  hasil  yang seimbang dari sisi stabilitas, gunakan Slackware.

9. Suse

macam macam distro linux

Distribusi  buatan  Jerman  ini  telah  dimiliki  oleh  Novell,sebuah  perusahaan  yang  cukup  disegani  di  sekitar  tahun  1990  dengan  product Networkingnya yang handal dan banyak dipakai.

10.Kuliax

macam macam distro linux

Kuliax  adalah  sebuah  distribusi  Linux  LIVE  CD  yang  dikembangkan  oleh  kuliax project  untuk  pendidikan  di  universitas  (tersirat  di  dalam  namanya).  Distribusi  ini berbasis Debian GNU / Linux dan knoppix  serta telah dioptimasi ke arah penggunaan desktop Linux.

11.PCLinuxOS

macam macam distro linux

PCLinuxOS adalah satu Sistem Operasi Open Source. PCLinuxOS juga suatu distribusi GNU/Linux,  itu  berdasar  pada  kernel  Linux  menggunakan  GNU  toolset.  PCLinuxOS salah satu dari penyedia-penyedia dunia yang sedang naik bintang karena userfriendly pada desktop.

12. Corel

macam macam distro linux

Corel  Linux  dirancang  sebagai  end-User.  Pada  Corel Linux  semuaya  serba  grafis,  dimulai  pada  saat  prosedur  Instalasi  hingga  boot system.

13. TurboLinux

macam macam distro linux

Turbo  Linux  dibuat  dari  berbagai  under  Linux/UNIX.  Turbo  Linux mengkhususkan diri di bidang clustering computer.

14. Mandriva

macam macam distro linux

Mandriva  Linux  yg  sebelumnya  bernama  Mandrakelinux  atau  Mandrake  Linux merupakan  suatu  distribusi  Linux  yang  diciptakan  oleh  Mandriva.  Itu  menggunakan RPM Package Manager. Bila redhat direkomendasikan sebagai server, maka mandrake dijadikan sebagai client yang handal.
Tujuan  awal  dari  diciptakannya  Mandrake  Linux  adalah  untuk  mempermudah penggunanya  dalam  melakukan  installasi  dan  penggunaan  Linux  itu  sendiri.  Sebelum keluarnya Corel Linux, Mandrake merupakan distribusi linux yang paling familiar. Jika Redhat  keluar  desktop  manager  menggunakan  Gnome,  maka  linux  Mandrake  keluar dengan desktop manager KDE buatan SuSE Jerman.

15. CentOS

macam macam distro linux

CentOS adalah sistem operasi bebas yang didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL). CentOS singkatan dari Community ENTerprise Operating System (Sistem Operasi Perusahaan buatan Komunitas/Masyarakat).

16. BlankON OS

macam macam distro linux

BlankOn  Linux  adalah  distro  Linux  yang  dikembangkan  oleh  Yayasan Penggerak  Linux  Indonesia  (YPLI)  dan  Tim  Pengembang  BlankOn menghasilkan  distro  Linux  yang  sesuai  dengan  kebutuhan  pengguna komputer umum di Indonesia.Kenapa BlankOn?Dengan  menghadirkan  filosofi,  kemudahan.  BlankOn  Linux  dikembangkan secara  terbuka  dan  bersama-sama  untuk  menghasilkan  distro  Linux  khas Indonesia,  khususnya  untuk  dunia  pendidikan,  perkantoran  dan pemerintahan.

17. IGOS Nusantara

macam macam distro linux

IGOS  Nusantara adalah  distro  linux  yang  dikembangkan  oleh  Pusat Informatika  LIPI  Bandung  bersama  komunitas  OSS  dan  diinisiasi  oleh Kementerian  Negara  Riset  dan  Teknologi  IGOS merupakan bagian dari gerakan  OpenSource  yang  digulirkan  pemerintah  Indonesia  untuk memerangi penggunaan software bajakan , Distro IGOS adalah turunan dari Fedora yang telah ditanamkan dukungan menu berbahasa Indonesia.

18. Lycoris

macam macam distro linux

 Lycoris adalah distro linux yang telah membuat versi linux yang cantik dan menyerupai WinXP, dari segi warna,icon, maupun kemudahan-kemudahan yang ada. Dari tampilan-tampilan screenshot pada situsnya Anda dapat mengamati bahwa memang Lycoris merupakan distro Linux yang pintar mempercantik diri sehingga dengan menggunakan Lycoris Anda akan merasa bekerja dengan Windows XP. Bahkan OpenOffice yang dipaketkan dengan Lycoris memiliki icon-icon yang cantik dan khas Lycoris. Lycoris memiliki paket-paket yang berbeda, dan paket distro Linuxnya dinamakan Desktop /LX. Lycros memiliki fasiltias IRIS yaitu Internet Rapid Installer for Software untuk mengupdate Linux Anda dengan software-software baru. Hanya saja distro ini tidaklah gratis dan Anda perlu membayar dengan sejumlah "dollar US".

19. Xandros

macam macam distro linux

Xandros memiliki integrasi lebih baik dengan jaringan Windows, mampu menjalankan aplikasi OfficeXP, mampu meresize partisi NTFS saat instalasi, dll. Xandros juga bukan merupakan produk gratis tetapi komersial.
Secara singkat Xandros menawarkan kelebihan berikut:
- Lima langkah instalasi grafis yang mudah
- Manajemen partisi terintegrasi
- Tampilan yang familiar
- Aplikasi berkualitas dari para engineer Xandros
- Kompatibilitas dengan file format Microsoft

20. Lindows

macam macam distro linux

Lindows masih kalah dibanding Lycoris dalam segi kecantikan tampilan tetapi Lindows telah lebih matang dan telah mencapai versi 4.0. Fasilitas yang menarik dari Lindows adalah Click-n-Run yaitu fasilitas mendapatkan ribuan software Linux yang sudah dikonfigurasi untuk Lindows dengan sekali klik dan proses instalasi ini juga dapat menambahkan shortcut di desktop dan daftar program secara otomatis.Lindows juga merupakan produk komersial.

21. Linare


macam macam distro linux












Linare memiliki distro Linux khusus desktop dan paket CPU yang sudah terinstall Linare. Linare masih jarang terdengar dan merupakan pendatang baru. Linare juga merupakan produk komesial.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Open Source